Selasa, 27 Agustus 2013

Kerusakan transistor horizontal jebol terus

Tr horizontal jebol terus

Oleh : mahdar

Alhamdulillah tadi pagi aku dapat tv samsung 14 ‘ mati  . setelah aku cek buka back caver dan aku balik sasisnya  , lalu aku coba hidupkan sembari aku ukur pakai multi meter
Setelah aku cek vcc nya ternyata tegangannya drop sampai berbunyi tiitttt kecil.  Langsung aku cek transistor  horizontal nya memang benar jebol , setelah aku cabut tr nya , aku tes lagi vcc nya ternyata normal kok......



Sebelum aku ganti tr nya , aku cek dulu driver nya kalau-kalau ada masalah ,tapi aku cek sih ....yakin normal .
Sebenar nya aku sih....memang udah ada curiga sih....ama flyback nya . tapi aku coba dulu ganti tr horizontal nya dulu , siapa tau cuma tr nya saja .

Tapi setelah aku coba belum juga lima detik sudah jebol lagi , wah ...... lewat deh modal 10 ribu beli tr yang jebol tadi  , tapi aku sekarang jadi yakin bahwa FBT nya ber masalah , aku cek di glodok FBT nya ternyata ga ada .... tapi ada imitasi nya . aku tanya pada sipenjual soal bisa pakai atau ngga .....kata nya sudah banyak orang pakai ga ada masalah.

Oke aku beli juga yang penting tv ini harus hidup , kata orang nya untuk nonton bola..
Setelah aku copot yang lama dan aku pasang yang baru FBT nya , tr nya juga aku ganti baru , aku tes weleh....... pas dugaan ku ..memang  FBT nya bermasalah.

Yah.....inilah pengalaman aku yang ga pakai teori servis tv , hanya mengandalkan pengalaman he...he....he...
Ini aja dulu besok klo ada lagi order tv rusak , aku tulis lagi pengalaman aku...


Semoga ada manfaat nya bagi pemula.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. servis tv | reparasi tv | perbaikan tv - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz