Sabtu, 10 Agustus 2013

servis kerusakan tv mati standby

servis kerusakan  tv mati  standby.

Oleh :  mahdar .

‘ Selamat hari raya idul fitri 1434 H , mohon maaf lahir dan batin ‘

Belakangan ini banyak teman-teman  yang menanyakan bagaimana servis  tv mati standby alias hanya lampu merah saja yang nyala atau kedip-kedip atau hidup seketika , langsung mati kembali sebelum keluar gambar , hanya lampu merah saja yang nyala.



Ada dua macam standby dalam sepengetahuan saya yaitu ,                                                                           -    tv di on langsung mati hanya lampu merah saja yang nyala .                                                           -    tv di on hidup seketika , sebelum keluar gambar sudah mati kembali , hanya lampu merah saja yang nyala atau kedip-kedip.

Jadi menurut pengalaman saya  kalau tv di on langsung mati hanya lampu merah saja yang hidup biasanya kerusakan di bagian power supply  , kemungkinan tegangan sekunder bermasalah terlalu tinggi atau rendah mulai dari supply ke FBT , RGB , suara atau sound dan supply ke IC control . juga sistem  di on / of IC control , reset ,xtal nya  juga bisa . karena rangkaian IC control bermasalah maka tv bisa hidup ,tidak ada yang mengontrol dan menggerakkan sistem di rangkaian tsb. Akibat nya tv mati standby .

Untuk selanjutnya  tv di on hidup seketika lalu mati lagi sebelum keluar gambar ber arti power supply  bekerja baik dan IC control mulai mereset / mengontrol seluruh rangkaian rangkaian mulai dari awal masuk nya tegangan menuju FBT , rangkaian horizontal , rangkaian vertikal , RGB dan rangkaian sound .

 setelah selesai semua masuk tv hendak bekerja , tetapi ada kendala / masalah di salah satu rangkaian yang saya sebutkan diatas , rangkaian protek memberi tahukan  pada IC control dan memory untuk menghentikan proses pada tv tsb . sehingga tv tersebut mati kembali atau standby.

Jadi setiap rangkaian yang saya sebutkan diatas biasanya dipasang rangkaian protek yang berhubungan dengan IC control dan IC memory .

Jadi saya sarankan untuk melihat gejala kerusakan , periksa dulu rangkaian yang vital-vital dulu , biasa kerusakan ada disitu . kadang lembab juga bisa protek atau standby , makanya saya selalu kalau ingin perbaiki tv selalu saya bersih kan dulu atau saya bersihkan pakai tener  agar bersih dan tidak lebab juga kalau ada solderan yang kurang bagus bisa kelihatan .

Demikian sekelumit pengalaman saya ,dalam cara servis tv mati standby .

 mudah-mudahan bermanfaat 

1 komentar:

Anonim mengatakan...

biasanya yg paling sering itu merk tertentu..

Posting Komentar

◄ Posting Baru
 

Copyright © 2012. servis tv | reparasi tv | perbaikan tv - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz