Minggu, 11 Agustus 2013

cara kerja TV

Sistem mati hidup pada TV


Oleh : mahdar .

Pada awalnya tv jadul ( lama ) dulu memakai system langsung hidup .
Dulu sewaktu  saya baru menjadi teknisi tv tahun 1978 , tv bisa hidup karena ada swith on / of  aja sebagai penghubung .
begini kerja nya setelah tv di on power supply masuk tegangan dari PLN dan power supply hidup , segera membagi –bagi tegangan keseluruh perangkat nya , bila tidak ada masalah ya hidup lah ………



belakangan karena teknologi maju , baru diterapkan protek pada keluaran power supply pada tv . kenapa….?  Agar bila power supply tinggi maka tegangan tersebut di protek oleh sebuah zener diode R2KY atau R2M untuk menjaga komponen lain atau tabung gambar tidak rusak .  kadang teknisi yang belum tahu main cabut aja protek tersebut akhir nya….fatal deh. Makanya bila anda ketemu tv jadul protek , coba periksa dulu deh…..
juga anda jangan pasang dulu zener protek tersebut sebelum anda perbaiki power supply nya.

Ada lagi protek dari keluaran FBT  misalnya 12v untuk keperluan oscillator horizontal , IC prosesor rangkaian tuner .ini juga di protek oleh sebuah zener diode 12 v , jadi bila keluaran FBT tinggi akibat power supply , zener tersebut memprotek jalur oscillator horizontal tersebut hingga rangkain horizontal tidak bekerja alias mati total standby .

Protek pada IC control untuk menghidup oscillator horizontal melalui transistor atau relay ini terjadi bila ada masalah pada IC control . nanti aku buat artikel mengenai kerja IC control .

Terakhir system protek pada tv sekarang  melalui jalur SDA dan SCL yang di control oleh IC control dan IC memory . jadi bila ada masalah pada rangkaian / blok pada tv , langsung diprotek oleh IC control dan IC memory lewat SDA / SCL.

Demikian  ini aja dulu yang bisa saya berikan tentang mati hidup tv atau protek.
 bila ada yang mau bertanya lewat telepon atau email.

Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. servis tv | reparasi tv | perbaikan tv - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz